10 Manfaat Buah Pisang Bagus Buat Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

10 Manfaat Buah Pisang Bagus Buat Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahuifazalboxworks.com– Halo Sobat Rebahan apa kabarnya tentunya kalian disana baik-baik saja bukan? dengan adanya admin disini admin akan membagikan informasi mengenai 10 Manfaat Buah Pisang Bagus Buat Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui.

Pisang tentu saja memiliki rasa yang manis. Karena rasanya yang enak, buah ini sering dijadikan sebagai pelengkap ASI untuk anak. Berkat strukturnya yang lembut, pisang juga cocok untuk anak-anak yang sedang belajar makan. Selain itu, nutrisi dalam pisang memiliki beberapa manfaat kesehatan, tidak hanya untuk pencernaan. Ya, apa saja kandungan dan manfaat buah pisang?

Kandungan Nutrisi di dalam Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan mineral potasium dan serat pektin. Selain itu, buah kuning ini juga merupakan sumber magnesium, vitamin B6 dan vitamin C.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), 1 buah pisang ukuran sedang 18-20 cm (± 118 gram) mengandung:

  • 88,4 gram (g) air
  • 105 kalori
  • 1,29 g protein
  • 27 g karbohidrat
  • 3,07 g serat
  • 14,4 g gula total
  • 6,35 g pati
  • 5,9 miligram (mg) kalsium
  • 31,9 mg magnesium
  • 26 mg fosfor
  • 422 mg kalium
  • 1,18 mikrogram (mcg) selenium
  • 10,3 mg vitamin C
  • 23,6 mcg folat atau vitamin B9
  • 30,7 mcg beta karoten

Termasuk buah rendah lemak (0,389 g) dan indeks glikemik rendah, pisang juga diperkaya dengan:

  • Zat besi
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6
  • Kolin
  • Omega 3 dan 6

Sementara itu, dua antioksidan terpenting ditemukan dalam pisang:

  • Dopamin. Meskipun ia adalah senyawa kimia penghantar sinyal saraf di otak (neurotransmitter), dopamin pada pisang bertindak sebagai antioksidan.
  • Catechin, yang merupakan antioksidan kelompok flavonoid. Jenis antioksidan ini dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk memastikan tubuh Anda membutuhkan vitamin C dan antioksidan, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C Blackmores Bio C (299.935 Rp). Selain dibalut dengan mineral ascorbate yang aman untuk lambung, Blackmores Bio Vitamin C mengandung antioksidan alami yang mencegah radikal bebas. Blackmores Bio C juga sarat dengan herbal dan bioflavonoid yang menyerap vitamin C dan menjaga ketahanan tubuh.

See also  11 Broker Forex Yang Terbaik di Indonesia dan Dunia untuk Dipilih 2022

Manfaat Buah Pisang Bisa Didapatkan Dari Buah yang Matang

Sebagian besar karbohidrat dalam pisang mentah mengandung pati. Tidak seperti pisang matang, pati yang dikandungnya adalah gula, yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pisang hijau mentah juga memiliki manfaat kesehatan.

Pisang ini dapat membantu banyak masalah pencernaan seperti diare dan maag seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Namun, sumber lain mengatakan bahwa jika Anda makan pisang mentah, Anda berisiko sembelit. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa pisang hijau yang dicuci dapat memiliki efek positif pada orang dengan HIV. Namun, menurut Harvard School of Public Health, protein lektin yang merupakan antinutrisi justru dapat menyebabkan sembelit dan mencegah penyerapan mineral tertentu.

Nutrisi yang ada dalam pisang meningkat saat buah matang. Pisang kuning dengan bintik hitam diberikan 8 kali lebih efektif daripada pisang mentah dalam meningkatkan aktivitas sel darah putih – menurut sebuah studi tahun 2009 di Journal of Food Science and Technology Research. Sel darah putih sendiri berperan dalam memerangi infeksi bakteri, virus, jamur dan patogen lainnya.

Deretan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut kandungan Live B, berkat kandungan vitamin B6, pisang dikenal untuk mengurangi peradangan, mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu menurunkan berat badan, mendukung sistem dan memperkuat saraf dan meningkatkan produksi putih. sel darah.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas ini bisa timbul dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda gunakan, hingga proses metabolisme dalam tubuh.

Anda dapat menikmati pisang dengan berbagai cara, langsung makan, menggoreng, merebus, membuat jus atau membuat kue. Pisang tidak hanya manis dan enak, tetapi memiliki beberapa manfaat untuk tubuh Anda. Apa saja manfaat pisang pada tubuh?

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Kalium hadir dalam pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat makanan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

See also  Perlu Diketahui 8 Investasi Yang Menguntungkan Buat Pemula di Tahun 2022 Simak Informasinya!!

Plak dapat merusak pembuluh darah bahkan menyumbatnya dan meningkatkan tekanan darah. Dengan cara ini, makan pisang dapat membantu Anda terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber Energi dan Mampu Meningkatkan Stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum berolahraga. Pisang kaya akan vitamin dan serat. Dibandingkan dengan apel, pisang memiliki karbohidrat 2x lebih banyak.

Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium dan potasium yang penting bagi tubuh agar tetap fit selama beraktivitas dan berolahraga. Selain itu, makan pisang juga dapat membantu menjaga otot Anda berfungsi dengan baik.

3. Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Pisang matang membantu mempercepat pembuangan limbah dari proses metabolisme. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah berkat seratnya membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, makan pisang dapat memudahkan ginjal untuk membersihkan darah.

Pisang yang belum matang merupakan sumber pati yang kuat, namun merupakan makanan bagi bakteri baik di usus besar. Konsumsi dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

4. Mendukung Program Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, pisang sangat ideal untuk camilan sehat. Selain itu, buah ini juga rendah lemak.

Karena indeks glikemiknya juga relatif rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Makanan kaya serat dapat memperlambat proses pencernaan, memperpanjang rasa kenyang dan makan lebih sedikit. Akibatnya, berat badan Anda bisa turun secara bertahap.

5. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga terkait dengan kandungan serat kaca dan antioksidan pisang.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, C dan B6 yang ada pada pisang berfungsi untuk merangsang pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Tubuh Anda akan terasa segar dan tidak lemas.

See also  New Leaked Kumpulan Code IP Full Bokeh Version 2022 164.68.l27.15

7. Memperlancar Aliran Darah dan Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak bisa lebih lancar dengan mengonsumsi pisang. Belum lagi potasium dalam pisang dapat membantu mengurangi risiko stroke dan hipertensi.

8. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi dan Mengatasi Anemia

Buah ini merupakan sumber zat besi yang baik. Tubuh membutuhkan mineral ini untuk membuat sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan anemia, atau anemia.

Jika Anda sakit, cobalah makan pisang secara teratur untuk meningkatkan produksi hemoglobin, atau protein darah yang mengandung zat besi.

9. Melengkapi Asupan Magnesium

Magnesium adalah mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh berfungsi secara normal. Mineral ini diperlukan untuk membuat protein, menjaga fungsi otot dan saraf, menghasilkan energi dan mengontrol kadar dan tekanan gula darah.

Kekurangan magnesium dapat mengurangi nafsu makan, mual dan muntah, menimbulkan pikiran, meningkatkan risiko kejang, migrain, osteoporosis, dan gangguan irama jantung. Sekarang makan pisang dapat membantu menghindari risiko masalah tersebut.

10. Meningkatkan Mood

Pisang merupakan bagian dari “moody food”, yaitu makanan yang merangsang produksi hormon serotonin di otak. Hormon ini menyebabkan perasaan bahagia.

Manfaat pisang berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan. Padahal, konsumsi pisang dipercaya dapat membantu mengatasi depresi. Triptofan diubah dalam tubuh menjadi serotonin, yang memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak. Sedangkan magnesium dalam pisang membantu mengendurkan otot-otot tubuh.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai 10 Manfaat Buah Pisang Bagus Buat Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang kini tengah mencari informasinya.

Terimakasih dan jangan lupa pula untuk konsisten pantengin fazalboxworks.com yang mana akan selalu ada informasi terbaru dan menarik yang akan kita berikan di setiap harinya

Check Also

Causes Bitcoin and Other Top Crypto Prices To Drop

The cost of Bitcoin has been declining of late, dipping under USD 40,000 to be exact at around USD 39,000 or around IDR 560.3 million. This decline is the least for Bitcoin since the most recent 3 weeks. Amidst the cost decline that happened in Bitcoin, financial backers are still intently observing the exceptionally unsure [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.